Tag Archives: asyik

MIDUN SI GURU SIPIRITUAL

Syahdan, disebuah perkampungan kumuh tinggallah seorang pemuda yang bernama Midun. Midun adalah seorang pemuda pengangguran yang boleh dibilang minus pendidikan alias buta huruf. Sehari-hari Midun kerjanya cuma nongkrong dan berhalunasi, walau tampangnya pas-pasan bahkan boleh dikata cukup sangar untuk ukuran orang-orang di kampung itu.

Di kampung yang sama tinggal pula seorang janda yang sudah cukup umuran namanya  Syahrini ( yang pasti ini bukan Syahrini penyanyi  tea). Syahrini berprofesi sebagai saudagar alias pedagang barang kelontong yang menjajahkan dagangannya keliling antar kampung. Dalam kesendiriannya yang sudah sejak lama ditinggal pergi suaminya, maka Syahrini sering berkhayal andaikan masih ada lelaki yang mau menikahinya untuk dijadikan teman di rumah maupun saat berkeliling  antar kampung  untuk berdagang.

Suatu pagi yang cerah saat Syahrini berkeliling kampung untuk berdagang, dia bertemu Midun yang sedang asyik nongkrong sambil bengong di pojok kampung dan entah kesambet apa Syahrini melihat sosok Midun bagaikan seorang pangeran yang dikirim dari pelanet lain yang cocok akan mendampingi sekaligus jadi tukang pukulnya (mungkin hal ini disebabkan sosok tubuh Midun yang sangar dan besar serta hidungnya yang besar juga melengkung).

Singkat kisah pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya dan akhirnya Syahrini dan Midun menikah, Syahrini begitu mencintai Midun dan melihat latar belakang sang suami yang minus pendidikan maka Syahrini meminta agar Midun pergi berguru dan membekalinya dengan fulus yang cukup melimpah. Dasar Midun lelaki dablek bukannya pergi berguru ke lembaga pendidikan eh malah dia pergi berguru mencari ilmu kelenik ketempat-tempat keramat. Tak lama berselang Midun kembali ke istrinya dan mengatakan bahwa dia telah mendapat wangsit dari sang Gusti. Walau Syahrini tak sepenunya percaya akan wangsit yang diterima suaminya maka sebagai istri yang sangat mencintai suaminya maka Syahrini tetap mendukung suaminya tersebut.

Sungguh luar biasa, walaupun Midun tak pernah bisa membaca tapi semua kata-katanya seolah berasal dari apa yang tertulis dalam kitab suci tapi sebenarnya apa yang diucapkannya bila dicermati dengan pikiran yang waras maka sesunguhnya apa yang diucapkannya sama sekali justru berlawanan dengan ajaran kebenaran. Setelah pengikutnya jumlahnya lebih dari hitungan jari, maka Midun sudah berani mengatakan bahwa dirinya adalah seorang Sang Guru Sepiritual. Dari informasi mulut ke mulut maka Sang Guru Sepiritual semakin santer dan dikenal banyak orang dan jumlah pengikutnya mulai bejibun. Melihat pengikutnya cukup banyak maka Sang Guru Sepiritual bertambah narsis dan mulai menunjukkan sifat-sifat serakah dan birahinya yang luar biasa.

Bagaimana kelanjutan kisah sang guru sipiritual Midun . . .

Continue reading

Posted in CERITA | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Comments Off

Cerpen – Pupus

“Pupus”
oleh: Lorensius Alfian

               Hari itu aku keterima di SMA baru,di Kota baru,dan di tempat baru yang antah berantah. Ya, Aku baru pindah ketempat ini,Kalimantan. Jauh dari asalku sebelumnya di Jogja. Aku jadi sabar ingin menginjakan kakiku di kelas yang baru dengan suasana baru.

               Senin,08 Juli 2011,hari pertama aku masuk sebagai siswa berseragam “Putih Abu-Abu”. Aku mengira di kelas yang baru ini aku akan mendapatkan sesuatu yang baru, tapi ternyata sama saja,menurutku lebih enak jadi siswa SMP di Jogja,daripada disini.

Huh,,,
Hari-hariku penuh dengan kata-kata bosan dan bosan. Semua terasa asing. Anak dikelas sibuk dengan teman-teman masing-masing,sedangkan aku.. hanya diam sendiri. Tapi dengan hal tersebut aku jadi terpacu,ya.. aku harus menjadi seseorang yang menyenangkan agar bisa bergaul dengan teman-teman baruku disini. Alhasil aku pun berhasil, aku sekarang sudah punya banyak teman.
Hari berganti hari aku semakin akrab dengn teman-teman semua. Kecuali satu orang cowok namanya Fian. Mungkin di kontakku hanya nama Fian yang tidak tercantum. Memang,Fian cowok yang aneh. Dibilang pindiam,Fian bukan pendiam. Namun aku kesal dengan keanehannya yang begitu cuek. Senangnya menyendiri.
###
“Allah..ulangan sosio bab berapa aja sih,duhh?’’ kataku sambil membolak balik buku.
“oh ya,kok aku gak kepikiran sms si Dony sih” lalu aku mengambil hp ku dan mengetik beberapa kata buat si Dony. Tak lama kemudian ringtone hp ku berbunyi dan tandanya ada sms masuk
tanya Fian aja,dia yang tahu,kan dia yang disuruh nyebarin,ni tak kasih nomernya 087819**** “
Yah terpaksa aku harus tanya dia, hitung-hitung juga buat nyimpen nomer dia dihapeku. Ternyata dia anaknya asyik juga, sampai sampai kita smsan sampe larut. Padahal besok ulangan sosiologi tapi malah smsan gak jelas sama Fian.

               Keesokan harinya,

Waktu ulangan kita berdua saling mencontek. Soalnya kita berdua sama-sama tidak belajar karna smsan sampe larut. Sejak saat itu Fian yang awalnya aku kira cowok aneh sekarang semakin akrab denganku. Dia itu caper banget sama aku seolah-olah ingin mencuri perhatianku. Setiap aku ingin jalan selalu dia menghalangi dengan tingkah-tingkah konyolnya. Gak penting banget pokoknya.
Aku merasa berbada dengan kelakuannya. Kelakuannya itu kadang membuat aku kesal tapi kelakuannya itu juga kadang membuat aku senang. Lama-kelamaan timbul rasa yang berbeda ketika aku menatap matanya. Aku juga merasa berbada ketika dia menatap mataku. Apa mungkin aku menyimpan sasuatu sama dia?
###
“ciye, Caca jadian sama Fian,makan-makannya dimana?” goda Dony kepadaku
“jadian? Ngaco kamu”
“alah Ca, kamu jangan bohong, sekelas juga udah pada dengar gosip tu. Asyik ye tiap hari ketemu terus”
Hah? Gosip? Gawat ternyata kedekatan aku sama Fian muncul gosip seperti itu. Tapi no problem aku malah seneng digosipin pacaran sama Fian tapi kalau Fian, entahlah…
Aku semakin yakin, bahwa rasa ini bukan rasa biasa. Aku selalu menanggap kalau Fian juga suka sama aku. Mungkin benar,bahwa aku benar-benar suka sama si Fian. Fian,Fian dan Fian yang ada di pikiranku.
“Ras,kayaknya Fian suka sama aku” aku curhat pada Aras
“emang kamu yakin,belum tentu lho, dia playboy” jawab Aras
“beneran kok,buktinya dia caper banget sama aku. Eh Ras, jujur aku suka Fian walaupun Fian gak tahu bagaimana perasaanku padanya,tapi aku selalu berpikir kalau aku bisa bersamanya”
“ Wahh,semangat banget kamu Ca,aku dukung kamu”
###
Hampir 1 tahun aku sekelas sama dia, dan sampai sekarang dia tidak tau perasaanku yang sebenarnya ke dia. Sebentar lagi kenaikan kelas,otomatis kita berdua akan pisah kelas. Jadi aku berharap kelakuan Fian yang ngeselin itu gak berubah.
Ternyata benar kita berdua pisah kelas, Dia di 11 IPS2 dan aku di 11IPS3. Tapi taka pa selagi masih berdekatan. Aku bisa modus ngeliat dia setiap saat. Dia sekelas sama Tika, yah kalau boleh tukaran kelas sih, aku mau tukeran sama Tika.
Makin lama kelakuan capernya makin bertambah ke aku. Aku tentunya senang dong. Kita berdua deket banget. Dia sering nyamperin aku ke kelas,ngirim sms ke aku,wall to wall di facebook,mention-mentionan,sampai hal konyol di sekolahan. Pernah saat itu aku di isengin di kelas, dia sengaja mendorongku ke tempat sampah sampai hamper terjatuh, tapi tanganku dipegangin dia. Walaupun rasa ini masih terpendam. Gak masalah deh, walaupun rasa ini masih terpendam dan mungkin dia gak akan pernah tau selamanya, tapi aku masih senang setiap ngeliat dia tersenyum.
###
“Fian diluar gak ya,biasanya dia sama Kevin dan sering diluar,coba ah modus aja”
Ketika aku keluar kelas,ternyata benar dia diluar kelas. Tapi yang aku lihat dia lagi bareng Amel, keliatan akrab banget. Entah kenapa saat itu aku cemburu banget,ketika aku akan menjauhi mereka terdengar suara memanggilku.
“Ca, bentar. Kata Aras kamu suka sama aku. Kata dia kamu sering cerita aku ke dia. Katanya kamu suka sama aku?” pertanyaan yang seolah-olah sangat menusuk di dadaku.
Waktu itu aku tak bisa berkata apa-apa,aku serasa benci dan benci sekali sama Aras. Mengapa dia tega menceritakan semuanya pada Fian. Ku kira dia sahabat,tapi sekarang dia berkhianat. Hah, ingin ku refresh otak ini,dan lupakan semua tentang Fiaaaaann. Tapi sayangnya itu sia-sia.
Sakit,sakit dan sangat sakit,mengapa Fian harus tahu dengan cara seperti ini. Akhirnya aku akan putuskan untuk mencoba melupakan Fian.
“FIAAAN, AKU GAK PERNAH SUKA SAMA KAMU, ARAS BOHONG, AKU GAK PERNAH SUKAA” aku mencoba bilang sama Fian, walaupun sebenarnya kata-kata itu beda jauh sama perasaanku. Aku terpaksa bohong sama dia,dan itu sangat sakit kurasakan.
###
Sejak saat itu aku mencoba melupakan Fian. Aku cuek banget sama dia. Sampai akhirnya Fian punya pacar baru, dan aku mencoba sabar. Mencoba menerima walau hati ini menangis. Mungkin kenangan dulu hanya akan menjadi debu yang terbang ditiup angin. Tapi entah mengapa Aku masih sering memimpikannya.
Aku mencoba tersenyum dihati yang luka ini. Lebih parah lagi, Amel sahabatku sekarang ingin membuat aku cemburu. Setiap aku buka beranda atau timeline, selalu dia dan Fian wall to wall dan saling mention bareng, apalagi mereka berdua seperti pacar yang sedang dimabuk cinta.
Tentunya hal itu membuat aku cemburu. Aku tahu si Amel hanya pura-pura. Belum lagi Amel mengupload fotonya bersama Fian di facebook sebagai foto profilnya,begitupun dengan Fian. Sampai saat ini Fian belum tahu perasaanku,dan mungkin akan tersimpan selamanya. Aku menyesal dulu telah berbohong ke Fian. Sekarang sudah Pupus harapanku. Cintaku kini hanya bertepuk sebelah tangan.
Tian aku sayang kamu, aku kangen kenangan kita dulu”

               Mungkin benar kata orang “jika mencintai orang lain secara diam-diam, pada akhirnya hanya akan mendoakannya serta akan merelakannya”.
*****

Continue reading

Posted in CERITA | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , | Comments Off

Cara Membuat Wanita Tertarik

Tahukah Anda, bahwa wanita pun perlu ditarik ulur seperti layangan jika Anda ingin mendapatkannya. Terlalu ditarik bakal putus, terlalu diulur bakal terbawa angin. Begitu pula dengan hubungan. Jika Anda muncul di hadapannya terlalu sering, bisa-bisa belum jadian dia sudah bosan dan mual kalau ternyata Anda ngga asyik orangnya. Atau Anda terlalu cuek? Wah biasanya yang terbaik itu slogannya ’siapa cepat dia dapat, selama stok masih ada’ hehehe….

Karena itu, yuk kita simak apa sih yang membuat seorang wanita tertarik pada pria?

1. Beraroma menarik
Wanita memiliki indra penciuman yang lebih tajam dari pria. Itu sebabnya saat Anda ngga begitu perhatian dengan aroma tubuh Anda, si dia bisa tiba-tiba menjauh karena urusan BB (Bau Badan) dan BN (Bau Naga) saat Anda bicara. So better to make sure ngga ada bau-bau ngga penting yang tercium saat si dia ada di dekat Anda. Pilih satu aroma khas yang Anda suka dan menciptakan aura positif, sehingga begitu mencium aroma tersebut, sang wanita akan mengingat Anda sebagai salau satu pemakainya. Beli parfum asli, bajakan eh palsu, atau bibit parfum, deodorant atau hanya wangi sabun? Tak masalah! Kami menerima segala pembayaran..eh, sumber wewangian :)

2. Menjaga jarak
Bingung kan? Maunya sih bersama terus, dan mungkin juga ada ketakutan kalau Anda menghilang, si dia jatuh ke tangan orang. Namun sesungguhnya, dengan menjaga jarak akan menyebabkan Anda terkesan ‘mahal’. Punya kehidupan sendiri, ngga butuh-butuh amat, yang akan membuatnya berbalik penasaran dengan Anda. Tapi ngilangnya jangan buat TP2 ke yang lainnya ya, kesannya malah Anda lagi main-main dengannya.

3. Perawatan
Ah ya, memang ngga usah menye-menye dengan meni pedi sampai oplas atau operasi plastik *bawa ember*, tapi cukup dengan berpenampilan yang baik, pakaian yang bersih, rambut rapi, bercukur dan wajah yang segar. Kesan pada pandangan pertama memang kuncinya, begitu Anda melewatkan momen ini, yu bye bye deh, akan lebih sulit lagi untuk menarik  perhatiannya. Namun setelah ia tertarik, bukan berarti Anda balik ke asal yang seenaknya, tetapi tetaplah menjaga penampilan yang telah membuatnya terpesona.

4. Topik obrolan yang menarik
Ketahui apa minat si dia, dan cobalah ciptakan obrolan yang menarik. Memang sikap Anda yang terlihat tertarik padanya,akan membuat ia tersanjung. Selanjutnya adalah Anda harus dapat menjamin, bahwa ia akan mendapat waktu yang menyenangkan saat bicara dengan Anda, dan maunya bicara dengan Anda, lagi, lagi dan lagi *eaaa…nafsu amat yak :)*

5. Promosi diri
Anda berusaha mengetahui segala sesuatu tentang si dia, biarkan ia juga mempelajari Anda. Jadi, buat diri Anda semenarik mungkin, bubuhi dengan kesan misterius, jadi membuatnya penasaran. Perdalam bakat dan minat Anda, lalu ceritakan masa lalu, sedikit- sedikit saja, padanya. Ngga usah dirapel cerita semua, nanti kesan misterinya hilang, malah terkesan bawelan Anda daripada dia. Terus ceritanya yang asyik-asyik saja, jangan cerita tentang mantan Anda yang foto model, misalnya.

6. Rencana
Rancang rencana Anda berdua. Tentu saja perhatikan dulu kesukaannya. Misalnya Anda berencana pergi ke gunung, sementara ia ke pantai, kan ngga nyambung. Ciptakan kencan imajinatif, bicarakan dengan si dia. Wanita akan senang jika Anda kreatif, misalnya kencan di atas gedung, mengajaknya mencicipi kuliner yang baru, atau memberikan benda yang ia inginkan meski Anda tak bilang akan membelikannya *oh tell me it comes from Felice…hehehe….*

7. Tegas
Jadi pria harus punya sikap, ngga asal ikut saja apa kata orang atau pacar. Anda boleh saja kadang menyerahkan keputusan pada si dia *misal beli baju yang mana, makan malam dimana, atau sebaiknya beli anak kelinci itu apa ngga* tapi untuk hal-hal yang lain, cobalah perlihatkan sikap tegas Anda. Misalnya  Anda berani menolak pengamen kelima yang hadir saat Anda sedang makan malam berdua, atau cerita menghadapi bos yang semena-mena, atau berani hadapi preman yang mau memalak. Anda kan mau jadi nahkoda dalam keluarga, perlihatkan sikap bisa diandalkan dan bertanggung jawab.

8. Spontan
Sikap pria yang spontan juga merupakan hal yang menarik bagi wanita. Misal jalan macet, lalu tiba-tiba Anda datang mengendarai motor untuk menyelamatkannya dari keterlambatan *ini film banget*. Atau yang sederhana saja seperti tiba-tiba menyeka remah kue dari pipinya, membetulkan poni yang menutupi matanya, atau dengan usil mengerjainya. Sikap spontan akan membuat Anda terlihat asyik dan menyenangkan, dan ia akan berharap Anda akan hadir kembali denga kejutan-kejutan manis.

9. Jadilah diri sendiri
Anda memang tertarik padanya, namun ngga usah deh berada di dekatnya, atau sok perhatian selama 24 jam sehari. Pasti kisah Anda akan jadi membosankan, dan dia juga jadi kehilangan rasa penasaran. Soalnya semua yang ada dalam diri Anda, sudah dia ketahui dari A sampai Z. Kalau sudah gitu, mau cerita apa lagi coba, mau mengejutkan apa lagi, dan mau promo apa lagi? Tetap jalani hidup seperti biasa, bergaul dengan teman-teman dan tetap lakukan kegiatan maupun hobi Anda. Itulah sumber identitas, sumber karakter, dan sumber ketertarikan si dia.

20130411-043414.jpg
You’re My Favorite ^_^

***

20130409-013315.jpg

Referensi : askmen.com
Sumber gambar : pinterest.com

Continue reading

Posted in CERITA | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Comments Off

Cerita Cekak Bahasa Jawa: Pitik Nggutil lan gedhang goreng ning plataran Bakso Bangjo

Dina senen pas prei dawa, Izal lan Reza lagi lingguh-lingguh ning njaban warung Bakso Bangjo karo dolanan sepur-sepuran Thomas and friends. Izal dolanan lokomotif biru sing jenenge Thomas. Reza nyenuk karo lokomotif ijo, jenenge Percy. Cah loro dolana… Continue reading

Posted in CERITA | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Comments Off

Kecanduan Game, Anak Bisa Agresif

Sekalipun game online dan konsol memiliki pengaruh yang baik bagi anak-anak, namun bukan berarti mereka bisa bermain sesukanya. Evangeline Suaidy, psikolog dari Yayasan Kita dan Buah Hati, mengungkapkan bahwa anak-anak juga harus diberi batasan waktu s… Continue reading

Posted in CERITA | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Comments Off