Penyakit Datang Dikala Jakarta Menangis

Hujan deras yang melanda jakarta dari bulan desember dan diperkirakan berhenti pada akhir januari ini menyebabkan suatu bencana besar  yaitu banjir bandang yang hampir menutupi semua wilayah jakarta. Banjir bandang ini merupakan suatu kenyataan pahit yang harus diterima oleh warga  jakarta dan  Jokowi yang menjabat sebagai gubernur Jakarta yang baru.

Pada dasarnya dampak yang ditimbulkan ketika banjir yaitu ketika banji telah usai (pascabanjir). Dimana sampah-sampah berserakan dimana-mana  yang menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Dibeberapa media banyak yang membahas mengenai bakteri Leptospira yang menyebabkan leptospirosis. Bukan hanya perkembangan bakteri yang menyebabkan semakin parahnya penyakit tetapi stress yang dialami menyebabkan rentannya jatuh sakit pada warga.

Sehingga dampak yang diakibatkan oleh banjir dapat berupa penyakit dan shock psikologis. Oleh karena itu, perlu dibahas keduanya.

Dampak Penyakit

Penyakit banyak yang tumbuh pascabanjir. Menurut epidiomologi ada 6 penyakit yang perlu di waspadai adalah diare, ISPA, pilek, demam berdarah (DBD), chikungunya dan leptospirosis.

Diare

Diare (atau dalam bahasa kasar disebut mencret) (BM = diarea; Inggris = diarrhea) adalah sebuah penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi barrier sedikit tiga kali dalam 24 jam.

ISPA (infeksi saluran pernapasan akut)

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) atau URI dalam bahasa inggris adalah penyakit infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernapasan, hidung, sinus, faring, atau laring. Yang termasuk gejala dari ISPA adalah badan pegal pegal (myalgia), beringus (rhinorrhea), batuk, sakit kepala, sakit pada tengorokan. Penyebab terjadinya ISPA adalah virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan adalah virus.

Pilek

Pilek adalah gejala yang timbul karena Bug atau yang juga biasa lebih dikenal dengan nama Bug dan merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus DNA dari familiorthomyxoviridae. Gejala yang sering (mungkin) timbul yaitu :

· Demam

· Pusing

· Kelelahan (bahkan bisa sangat parah)

· Batuk kering

· Kerongkongan gatal

· Hidung mampet, meler dan bersin-bersin

· Badan sakit

DBD (Demam Berdarah Dengue)

Penyakit demam berdarah didiagnosis dengan melihat gejala yang muncul, seperti demam tinggi dan munculnya ruam. Namun, karena gejala penyakit demam berdarah kadangkala sulit dibedakan dengan penyakit malaria, leptospirosis, maupun demam tifoid maka biasanya pekerja medis atau dokter akan terlebih dahulu mengecek sejarah kesehatan dan perjalanan pasien untuk mencari informasi kemungkinan pasien tergigit nyamuk.

Nyamuk Aedes aegypti adalah vektor pembawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Chikungunya

Chikungunya merupakan penyakit sejenis demam virus yang disebabkan alphavirus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk dari spesies Aedes Aegypti. Namanya berasal dari sebuah kata dalam bahasa Makonde yang berarti “yang melengkung ke atas”, merujuk kepada tubuh yang membungkuk akibat gejala-gejala arthritis penyakit ini. Gejala utama terkena penyakit chikungunya adalah  tiba-tiba tubuh terasa demam diikuti dengan linu di persendian. Bahkan, karena salah satu gejala yang khas adalah timbulnya rasa pegal-pegal, ngilu, juga timbul rasa sakit pada tulang-tulang, ada yang menyebutnya sebagai demam tulang atau bug tulang.

Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp. yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya (zoonosis). Gejala pada penyaki ini yaitu mulai dari bug baik bug ringan maupun berat dimana dapat disertakan jaundis apabila penyakit ini sudah berat

Data diatas merupakan sebagian penyakit yang kemungkinan berkembang pascabanjir. Dimana apabila sudah  terlihat gejala pada penyakit ini segera diberi pertolongan. Untuk pencegahannya itu sendiri biasanya berdasarkan kehigenisan diri kita sendiri. Dimana membersihkan rumah dengan disinfektan dan  jauhkan anak-anak dengan benda yang sekiranya akan menjadi  tempat berkembangnya  bakteri.

Antisipasi yang dapat dilakukan adalah :

Seminimal mungkin menghindari kontak langsung dengan air dengan menggunakan sepatu wader.

Jika terlanjur, cuci dengan sabun dan bilas sampai bersih.

Jaga kebersihan dan selalu gunakan pakaian yang kering.

Dampak Psikologis

Peristiwa banjir bandang yang terjadi secara tiba-tiba, menyebabkan banyak kerusakan baik secara infrastruktur maupun psikologis. Warga yang harus mengalami langsung peristiwa ini tidak sedikit mengalami perasaan tertekan dan berujung pada traumatis. Shock maupun depresi pada korban banjir bandang dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari perasaan tertekan saat tinggal di kamp pengungsian dengan keadaan yang terbatas, rasa cemas karena kehilangan harta benda, maupun ketakutan ditinggalkan oleh orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman. Tekanan psikologis tersebut bertambah parah dirasakan karena dialami secara masal. Pengalaman traumatis ini akan berdampak negatif pada kepribadian seseorang, mulai dari dampak yang ringan, seperti menjadi orang yang peragu dalam berbuat sesuatu, hingga dampak yang terberat yaitu mengalami depresi yang berkepanjangan dan berujung pada sikap keputusasaan yang dapat mendorong diri untuk mengakhiri hidup.

Keragu-raguan dalam bertindak disebabkan oleh rasa takut mengalami peristiwa yang sama. Ketakutan karena shock dapat menjalar ke berbagai hal yang bersangkutan dengan peristiwa buruk yang dialaminya. Rasa takut tersebut akan mendorong individu untuk menghindari sumber yang diasosiasikan sebagai sumber ketakutan. Hal tersebut akan menyebabkan individu sulit untuk mengembangkan dirinya. Ancaman shock dan stress yang hebat ini disebut placement shock stress disorder dan diperkirakan muncul dalam waktu tiga atau empat bulan setelah kejadian dan diperkirakan membutuhkan waktu pemulihan hingga enam bulan.

Shock pada korban banjir bandang perlu diatasi agar individu dapat kembali berkembang seperti sedia kala, tanpa perlu dibebani ketakutan. Oleh karenanya, pemulihan pasca bencana tidak hanya pada sisi materi saja yang dibutuhkan, melainkan juga pada sisi mental. Peran psikolog dibutuhkan dalam pemulihan ini.

tahap-tahap yang dapat dilakukan dalam pemulihan rasa percaya diri, yaitu:

1. Pemulihan rasa percaya diri dengan indikasi keberanian untuk tampil.

Pada tahap ini individu diajak bermain bersama dalam kelompok dengan tujuan menimbulkan kesibukan yang menghibur agar individu tidak hanya memikirkan bencana yang telah dialami.

2. Peningkatan kesadaran untuk mendapat dampak bencanna dengan indikasi kemampuan individu untuk berekspresi.

Melalui tahap ini, perasaan individu diharapkan dapat menjadi lebih baik dengan mengekspresikan perasaan.

3. Membangun optimise melalui pengenalan potensi diri dan lingkungan.

Pada tahap ini, individu diajak menceritakan kembali pengalamannya dalam menyelamatkan diri dari bencana dan pemberian makna dibalik bencana yang dialami.

4. Penyembuhan secara khusus dan intensif bagi individu yang masih mengalami shock berat.

Penyembuhan dapat dilakukan langsung oleh psikolog atau melalui orang-orang terdekat dengan menciptakan suasana yang menyenangkan.

Terapi dasar seperti ini dapat dilakukan pada korban bencana agar diharapkan setiap individu memiliki motivasi untuk tetap mengembangkan potensi dirinya. Individu juga diharapkan dapat memaknai sisi positif yang dapat dipelajari dari setiap masalah yang dihadapinya.

dwi radi salim 10100111137

deo valendra   10100111125


Original source : Penyakit Datang Dikala Jakarta Menangis

Sambut Hari Kebangkitan Nasional dengan Semangat Kebersamaan

Menyambut Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan lomba antar pegawai. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kemenkumham ini mempertandingkan tiga cabang olah raga, yakni bulu tangkis, tenis meja, dan catur. Dalam Upacara Pembukaan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto mengatakan, dengan diselenggarakan kegiatan olah raga ini para pegawai Kemenkumham diharapkan dapat lebih saling mengenal, dan berinteraksi antar element eselon I yang ada di lingkungan Kemenkumham. “Kegiatan ini untuk mempererat kebersamaan antar pegawai Kemenkumham,” ujar Bambang Rantam di Lapangan Upacara Kemenkumham, Jakarta, Jumat (24/04) lalu.  

 

Sedangkan dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan cara yang berbeda.  Menteri Susi berencana akan menenggelamkan 45 kapal pencuri ikan  yang akan dimusnahkan pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). “Kami akan tenggelamkan kapal tanggal 20 (Mei) nanti di Harkitnas, sebagai momentum kalau kita mau bangkit dari pencurian ikan,” ujar Susi dalam acara pengarahan petugas pengawas perikanan di kantornya, Jakarta, Rabu (29/4) lalu. Secara rinci, Susi menjelaskan nantinya kapal-kapal tersebut ditenggelamkan serentak di enam wilayah berbeda, yakni lima kapal di Merauke, lima kapal di Ambon, 17 kapal di Bitung 17, 11 kapal di Pontianak, enam kapal di Batam dan satu kapal di Medan. Kapal-kapal tersebut merupakan hasil tangkapan Polisi Air di wilayah perairan masing-masing.

 

Apa yang telah dilakukan oleh aparat pemerintahan di atas patut kita apresiasi dalam menyambut Harkitnas. Maka diharapkan semua komponen bangsa jadikan Hari Kebangkitan Nasional sebagai Masa Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Hari Kebangkitan Nasional diperingati pada tanggal 20 Mei. Untuk itu sangat diperlukan rasa kebangsaan yang tinggi agar Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya semboyan yang menjadi slogan belaka, tetapi benar-benar dapat menjiwai perilaku seluruh rakyat bangsa Indonesia.

 

Jika kita kembali kepada sejarah, kebangkitan nasional merupakan peristiwa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selama masa penjajahan semangat kebangkitan nasional tidak pernah muncul hingga berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

 

Pada 20 Mei 2015 mendatang merupakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107. Mulai detik ini pula kita tumbuhkan semangat kebangsaan yang dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.  Hal ini dilakukan sebagai momentum semua elemen bangsa bisa bangkit dari segala bidang untuk menatap masa depan yang lebih baik lagi dengan usaha dan kerja keras tak pernah lelah sehingga menjadikan bangsa maju, damai dan sejahtera.

sumber


Original source : Sambut Hari Kebangkitan Nasional dengan Semangat Kebersamaan

Adakah Sosok Dahlan Iskan yang lain?

Kita tentunya sudah mengenal baik seorang sosok Dahlan Iskan, beliau pernah menjadi dirut PLN 2009 – 2011. Sekarang kita lebih mengenal beliau menjadi menteri BUMN berdasarkan resuffle kabinet Indonesia bersatu jilid II.

Sekarang pak DI (kita singkat saja mulai dari sini) lebih tenar namanya ketimbang 5 tahun belakang ini, memang beliau pernah memimpin surat kabar Jawa Pos Assemble sampai sekarang.  Semangatnya yang bergelora patut kita acungi jempol, dimana akhir-akhir ini pak DI aktif sekali menggalakkan transportasi listrik untuk melawan arus BBM yang sangat deras di negara ini. Tidak sedikit orang yang menganggap “cara” berlebihan ini sebagai sebuah pencitraan. Tapi biarlah kritikus-kritikus menilai apa, tetapi itu kembali kepada masyarakat luas bagaimana sosok sebenarnya Pak DI tersebut. Beliau bukanlah orang yang aktif di partai, beliau pun tidak menggebu-gebu untuk menjadi Presiden 2014 mendatang seperti bos dari media assemble, niat tulus pak DI (hanya penilaian penulis saja) yang mungkin dianggap suatu “cara” yang berlebihan.

Indonesia sangat membutuhkan sosok seperti beliau ini, bukan politikus-politikus yang selalu mejeng di acara seperti lawyer bash atau semacamnya seperti yang ada di acara stasiun-stasiun tv swasta, Indonesia membutuhkan sosok yang langsung struggle, bukan hanya sekedar menebar manis dimuka. Memang seharusnya indonesia berbenah, atau malahan wajib untuk berbenah.

Pak DI berpengalam sebagai wartawan, sehingga pengalaman itu sangat berguna untuk sekarang untuk menggapai beberapa keputusan yang tepat, beliau bukan tipe orang yang menyuruh-nyuruh, apalagi suka memerintah, mungkin kita bisa menaruh harapan kepadanya. Sebagai menteri BUMN di era Presiden SBY sekarang ini, banyak sekali masalah-masalah yang bakal dihadapi beliau, masa pemerintahan masih kurang dari 2 tahun lagi, banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi.

Sosok siapa lagikah yang pantas sebagai pembanding beliau? mungkin banyak, atau mungkin kita sendiri. Sedari itu, kita tidak harus berhenti untuk berani membenah diri sedini mungkin, wujudkan kan Indonesia sebagai negara yang layak mempunyai sosok seperti beliau walaupun ditengah-tengah gejolak politik yang tiada hentinya. Mari kita lupakan sejenak gejolak-gejolak yang ada. Kita pemuda indonesia harus jeli dan berani mengubah, mengubah keadaan, mengubah takdir kita sendiri, ingat bahwa tuhan tidak akan mengubah takdir seseorang kalau orang itu sendiri enggan untuk mengubah takdirnya.

2013


Original source : Adakah Sosok Dahlan Iskan yang lain?

Doa Para Penghuni Hutan Untuk Blog Dongeng Anak Indonesia

Doa Para Penghuni Hutan Untuk Blog Dongeng. Dongeng ini berawal dari sebuah hutan yang rindang, hutan yang sejuk serta para penghuni hutan yang ramah sekali. Mulai dari si kancil, kerbau, harimau, gajah. semut, monyet dan lainnya. Semua sangat saling menyangi dan mereka sangat berterima kasih kepada blog dongeng anak indonesia yang telah menceritakan cerita-cerita anak tentang mereka di blog kesayangan ini. Namun mereka sangat sedih. Ada apa gerangan para penghuni hutan sangat sedih?, kini mereka sangat tidak semangat dan tidak bergairah dengan kehidupan yang ada di dalam hutan.

Kabar bahwa penghuni hutan tidak bersemangat, terdengar oleh si Kancil yang cerdik. Suatu hari si kancil yang sedang berada di ladang pak tani didatangi oleh sang kera yang berlari tergopoh-gopoh menuju si kancil yang sedang membereskan panen ketimun pak Tani.

“Cil, kancil…gawat…gawat..” kata si kera yang datang sambil terengah-engah. “hai kera, apa kabar?, mari sini mendekat, oh ya apa kamu mau mencoba timun panen nya pak tani?” kata si Kancil santai.

“Haduh cil, kamu bagaimana sih, aku ini serius lho, kok kamu malah becanda sih?” si kera membalas. Si kancil lalu duduk di sebelah kera yang masih terengah-engah nafasnya karena berlari.

“Baiklah. coba bernafas dulu yang tenang, baru nanti aku dengarkan” kata si kancil.

Kemudian si kera mulai bercerita. “Begini cil, kita khan ini semua semakin tenar dan terkenal di dunia internet, karena sebabny kita sangat cemas dan khawatir kalau kita tidak terkenal lagi.” si kera mulai cerita. “Memangnya kenapa?” si Kancil heran.

“Soalnya, blog dimana kita selalu diceritakan ini, mengalami penurunan pengunjung yang sangat signifikan, apa sebab?, karena kak Ravi Vilda mengubah field dari blogspot menjadi www.dongenganakindonesia.com lewat custom field, sehingga Google kini menghilangkan blog dongeng anak dari posisi pertama di setiap keyword yang ada akibat custom field tadi” si kera cemas.

“Padahal sebelumnya, blog ini terkenal di semua keyword lho, cil, sebut saja mulai keyword dongeng anak, cerita anak, cerita si kancil, dan yang barrier populer yaitu dongeng anak kancil dan monyet. Kini semua keyword itu seperti hilang dari posisi pertama, gimana kita ga cemas , Cil?” si kera menambahkan.

“Oh masalah itu, aku pikir masalah apa tho. Itu sih gampang…kita serahkan saja sama kakak RaviVilda, biar dia yang urus semua itu. Kamu lupa yah kalau Kak RaviVilda itu khan jago SEO (Quest Engine Optimization) itu lho teknik agar dongeng-dongeng tentang kita selalu ada di nomor 1 di mesin pencarian Google, faham ga kamu, kera?” si kancil mencoba menjelaskan.

“Gila kamu cil, ilmu kamu keren banget, sampai tau SEO, Google segala macam, wah aku sih baru tau kalao soal itu, Ya semoga Kak RaviVilda bisa membalikkan semuanya kembali dan blog dongeng anak ini kembali ramai pengunjung ya Cil” si kera menambahkan.

“Ya Amin, semoga deh. Kamu juga jangan khawatir, soalnya kak RaviVilda khan jago men-dongeng, dia juga pasti selalu bring up to date konten cerita seputar kita dan kawan-kawan kita. Jadi here is not anything to agonize in this area, companion” si Kancil bergaya.

“Ah sok inggris kamu cil, ya udah deh kalau begitu aku mau balik masuk kedalam hutan, aku akan kabari teman-teman kita yang sedang menunggu di hutan untuk tetap berdoa, mendoakan agar supaya kak RaviVilda diberikan kesabaran dan ide yang banyak untuk tetap menceritakan kita semua ya Cil” kata si kera berdoa.

“Amin,….ya sudah aku mau kembali membereskan panen ketimun pak tani, ini sudah hampir siang, nanti pak tani akan marah jika aku belum selesai.” pinta si Kancil.

Akhirnya si kera pamit kepada kancil. Dan para penghuni hutan-pun kini senang karena blog dongeng anak indonesia ini akan kembali ramai pengunjung dan mereka pun akan kembali diceritakan dalam blog dongeng ini.


Original source : Doa Para Penghuni Hutan Untuk Blog Dongeng Anak Indonesia

Artis: Pahlawan Kesiangan di Banjir Jakarta?

Perjuangan para relawan kemanusiaan dari berbagai lembaga dan aparat melakukan penanggulanan dampak banjir di Jakarta penuh dengan suka duka. Siang malam mereka berjibaku di dalam genangan air, menantang bahaya untuk menyelamatkan warga terjebak banjir. Mereka juga tak henti-hentinya menerobos untuk mengantarkan bantuan agar para korban yang bertahan di rumahnya tetap memiliki kecukupan makanan.

Hanya rasa salut dan penghormatan dapat kita berikan kepada mereka, yang telah memberikan  kerja nyata dengan meninggalkan keluarga, orang tua dan pekerjaan demi membantu sesama.  Sayangnya, aksi-aksi patriotik mereka itu nyaris sedikit sekali yang mendapat  tempat di media massa. Para reporter televisi entah berada di mana ketika itu.

Yang hadir di media dari sekian banyak berita ulasan, yang terlihat hanyalah orang mengungsi naik perahu karet, atau sejumlah orang hilir mudik dengan perahu karet entah apa yang mereka lakukan. atau menayangkan kendaraan yang terperangkap air dan kedatangan para pejabat ke lokasi banjir. atau momen yang sama diputar berulang – ulang  agar lebih dramatis.

Lebih tidak rasional lagi, para artis tidak melewatkan kesempatan ini begitu saja untuk menunjukan kepedulian, meski sebagian orang menilai hanyalah aksi cari muka agar dicap peduli. Media terutama infotainmen habis habisan mengekspos mereka, seolah-olah merekalah pahlawan dan orang yang sangat  sangat peduli dengan korban banjir.  Gak perlu kita sebut satu persatu namanya.

Hanya dengan membagikan seratus dua ratus nasi bungkus atau sekedar mengambil gambar dilokasi  lalu mereka diwawancarai wartawan infotaiment, ada yang dengan memasang muka sedih dan ada pula dengan wajah tanpa karakter menyikapi bencana banjir ini. Saya yakin biaya dikeluarkan untuk ekspose itu jauh lebih mahal daripada jumlah bantuan nasi bungkus diberikan.

Begitulah di negeri kita ini, orang yang berjasa dan memiliki peran besar kadang terlupakan dan dianggap hal itu biasa saja oleh media. Hanya Allah yang tahu bagaimana keiklasan para relawan pejuang bencana ini saat melaksanakan tugasnya. Dan sudah menjadi kebiasaan di mana-mana, pasti akan ada selalu pahlawan kesiangan dalam setiap peristiwa.  Bukan hanya artis, termasuk partai politik yang selama ini mengklaim punya massa banyak di Jakarta. hanya satu dua saja yang kelihatan. Selebihnya menyelamatkan diri masing-masing.


Original source : Artis: Pahlawan Kesiangan di Banjir Jakarta?

Dongeng Si Pemuda Pemalas Yang Bertaubat

Dongeng Si Pemalas yang Bertaubat – Dongeng ini berawal dari sebuah desa yang ada di sebuah pegunungan di daerah terpencil dari suatu negeri. Hiduplah seorang lelaki muda yang hidupnya sangat santai sekali, sehingga banyak orang desa yang menjulukinya sebagai si pemalas. Keseharian aktifitasnya dihabiskan hanya bermalas-malasan tidur di bawah pohon rindang depan rumahnya. Sampai suatu hari datang seorang kakek berambut putih panjang menghampiri si lelaki muda ini.

“Hai anak muda, kenapa kau tidak bekerja seperti kebanyakan orang-orang di desa ini?, mereka berangkat pagi buta untuk mengais rejeki agar bisa hidup”. Si anak muda hanya bisa berkata sambil menggeser posisi tubuhnya yang terbaring di dipan. “Hai Kakek, buat apa aku bekerja?, bisakah kau melihat harta yang sudah aku miliki saat ini, dengan ini saja aku tidak akan kekurangan” jawab si anak muda dengan sombong.

Baca juga : Dongeng KAncil Dan Serigala

Si Kakek tersebut tidak menjawab, akan tetapi si kakek hanya berpesan kepada si pemuda agar tidak menyia-nyiakan masa muda dengan begitu saja. Tak lama kemudian si kakek berlalu, namun si pemuda kaya sombong tersebut tidak menghiraukan kepergian si kakek.

Hari berlalu begitu cepat. Si pemuda kaya yang sombong tampak kebingungan, hartanya semakin hari semakin menipis dan habis dengan cepat, semua itu ia gunakan untuk berfoya-foya dan untuk kesenangan sesaat saja.

Tiba pada waktunya, ia ingin makan namun tidak ada satupun makanan yang tersedia di dalam rumahnya dan ia pun kebingungan untuk mencari makan. Maka ia pun pergi ke pasar untuk bisa mendapatkan makanan yang ia makan di pagi itu.

Ia  merasakan kesedihan dalam perjalanan menuju ke pasar, ia membayangkan ketika ia masih punya banyak harta tapi ia tidak mau ber-sedekah kepada orang yang membutuhkan, kini ia pun merasakan apa yang orang lain rasakan ketika ia masih punya banyak harta.

Penyesalan tinggal penyesalan, kini ia pun harus meminta-minta ke pasar untuk mendapatkan sarapan pagi yang cuma cukup untuk mengganjal perutnya saja. lalu ia terbayang ketika seorang kakek pada waktu lalu datang menghampiri dia.

Akhirnya ia bertaubat, dan ingin merubah hidupnya. Sekarang ia mulai sadar dan mulai bekerja di pasar sebagai kuli angkut beras. Lama kelamaan hidupnya berubah dan mulai kembali memiliki harta namun masih sedikit. Ia pun kini mulai ber-sedekah untuk saling berbagi kepada orang yang masih membutuhkan.

Akhirnya si pemuda malas kini telah menjadi orang yang telah berubah 180 derajat. Ia pun kini hidup dalam kecukupan harta namun ia memilih untuk hidup dengan harta yang tidak banyak namun ia masih bisa membantu orang lain yang masih kekurangan.

Baca juga : Panglima peraang dan kalung ajaib

Hikmah dongeng anak ini adalah kita jangan sombong ketika kita memiliki harta yang banyak. Bantulah orang lain dan keluarkan harta kita untuk bisa membantu orang yang masih dibawah garis kemiskinan. Sesungguhnya harta yang kita miliki, disitu pula ada hak orang lain yang belum seberuntung kita. Semoga cerita anak ini bisa membawa hikmah kepada kita agar kita selalu diberi lindungan oleh Allah Swt. Amin


Original source : Dongeng Si Pemuda Pemalas Yang Bertaubat

Hening

Aku hidup di dunia
Dunia kelam tak bersinar
Sepi
Hidupku sepi

Dari mana asal suara ini?
Dari mana suara tawa ini?
Sudah lama aku tak dengar
Ingin aku ramai bersamanya

Siapa pun itu, tolong bantu aku
Aku ingin lepas dari kesendirian ini
Bosan dengan sepi ini
Hanya hening yang menemani ku.


Original source : Hening

Woww,, Kompor Ini Bisa Buat Nge-charge Hp Juga

[Image: te_CampStove_and_USB_Charger_1-265845937...44_jpg.png]

Saat berpetualang di alam bebas, biasanya para petualang membutuhkan kompor portable guna memasak makanan dan membuat minuman hangat. Selain kompor, listrik untuk mengisi daya ponsel juga menjadi sesuatu kebutuhan yang sangat dibutuhkan di alam bebas. Dalam Mensiasati kedua hal tersebut, kini hadir Biolate CampStove.

Biolate CampStove adalah kompor portable yang juga bisa menjadi sumber listrik untuk men-payment ponsel Anda. Menurut biolitestove.com, tak hanya men-payment ponsel saja, namun sambil memasak, Anda juga bisa mengisi daya senter, GPS, ataupun doohickey lain.

Bahan bakar yang di gunakan kompor ini juga terbilang ramah lingkungan dengan memanfaatkan ranting kering yang berjatuhan di tanah. Tak hanya untuk memasak, api yang dihasilkan dari kompor ini juga bisa dimanfaatkan sebagai api unggun diminutive yang bisa menghangatkan dan memberikan cahaya di malam hari. Beratnya yang hanya sekitar 935 gram juga memudahkan Anda membawa alat ini kemana saja.
Kompor listrik ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1,2 juta

Refer to:Report unik


Original source : Woww,, Kompor Ini Bisa Buat Nge-charge Hp Juga

Stop Provokasi dan Perdebatan Isu Papua Merdeka

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan Presiden Ketujuh (7) Republik Indonesia bertekad untuk memperbaiki kondisi di Provinsi Papua dan Papua Barat. Bentuk konkrit dari upaya Presiden Jokowi tersebut antara lain dengan melakukan kunjungan kerja ke Papua beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan tersebut beliau dalama hal ini pemerintah menggelontorkan dana Rp 6 triliun untuk menggenjot pembangunan infrastruktur di Papua tahun ini. Presiden Joko Widodo pada Sabtu (9/5) di Jayapura, Papua mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur pertanian, pasar, dan pelabuhan, serta berbagai pembangunan di Papua.

 

Jokowi di hadapan ribuan anggota TNI/Polri dan tokoh masyarakat yang hadir dalam pemaparan di Korem 172/Praja Wirayakti, Jayapura juga menyebutkan kekayaan sumber daya alam (SDA) di Papua sangat kaya dan harus dikelola bersama oleh masyarakat adat Bumi Cenderawasih. Jokowi menjelaskan, pemerintah akan terus melakukan pendekatan masalah dengan gerakan ekonomi dengan pembangunan infrastruktur pasar dan pembangunan infrastruktur lainnya. Pembangunan ini harus dirasakan masyarakat Papua. Sebab, jika masyarakat tidak ikut merasakan, maka akan memunculkan kecemburuan sosial dan ekonomi. “Sekali lagi saya minta libatkan masyarakat dalam setiap recruit pembangunan di Papua,” imbuh Jokowi. Selain itu Jokowi berharap pada 2019, seluruh ruas jalan di Papua harus terhubung.  

 

Hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri (menlu), Retno Marsudi bahwa komitmen pemerintah sekarang di bawah Presiden Jokowi lebih jelas. Pemerintah akan membangun Papua secara lebih baik. Selama kampanye Presiden Jokowi juga masuk ke Papua, berbicara langsung dengan rakyat di Papua dan tampak bahwa keinginan rakyat di Papua untuk merdeka seperti yang di gadang-gadangkan oleh gerakan separatisme sama sekali tidak ada. Namun, kiranya adanya upaya gerakan separatisme tentu tetap perlu diantisipasi. Tantangan separatisme di Provinsi Papua dan Papua Barat masih saja mengancam keutuhan NKRI. Salah satunya datang dari pendiri organisasi separatis Free West Papua, Benny Wenda yang kini tinggal di Oxford, Inggris setelah kabur dari penjara di Papua pada Tahun 2002.

 

Menurut Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa pembukaan ‘kantor’ Gerakan Separatis Papua di Oxford, Inggris akan menganggu hubungan Indonesia dan Inggris sekalipun Pemerintah Inggris menyatakan dukungannya pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini berarti bahwa bentuk dukungan Internasional terhadap keutuhan NKRI tidak dapat dilakukan hanya dalam kata-kata semata. Namun, harus dalam bentuk lebih konkrit. Menjadi suatu tindakan kontraproduktif ketika Inggris menyatakan dukungan tetapi juga tetap membiarkan organisasi separatisme tersebut tetap berkembang. Untuk itu, kiranya Presiden Jokowi harus bersikap lebih progresif dalam merespon hal tersebut. Salah satunya dengan melakukan komunikasi politik kepada negara-negara Internasional untuk tidak mengizinkan atau merespon berbagai tindakan yang akan dan atau telah dilakukan oleh gerakan separatisme.

 

Jika mengacu kepada hasil kunjungan Presiden Jokowi dan curriculum-curriculum yang telah dilakukan pemerintah terhadap rakyat Indonesia di Papua, sebenarnya dan seharusnya gerakan separatisme seperti ini tidak perlu ada lagi. Pemerintah memiliki tekad yang kuat untuk mensejahterakan rakyat di papua, nominal sejajar dengan provinsi-provinsi lainnya. Di samping itu, jika diperhatikan bahwa telah banyak tokoh-tokoh pemuda dan calon pemimpin bangsa yang lahir dari Provinsi Papua, di antaranya seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, Ketua HIPMI Bahlil Lahadalia dan yang baru terpilih sebagai Ketua KNPI Rifai Darus. Lahirnya para tokoh tersebut menggambarkan bahwa masyarakat di seluruh Tanah Air Indonesia yakin dan percaya, putra-putri Papua juga bisa berkarya demi Indonesia.

 

Maka dari itu, marilah kita berhenti memperdebatkan kemerdekaan yang hanya menyebabkan kesenjangan dan keretakan persaudaraan, lebih baik kita bersama-sama membangun Indonesia dalam bingkai keragaman. Mari dukung dan awasi kinerja Pemerintahan Jokowi agar sesuai dengan janjinya di masa kampanye agar seluruh rakyat Indonesia bisa sejahtera.

SUMBER


Original source : Stop Provokasi dan Perdebatan Isu Papua Merdeka

Puisi Rindu Pada Kekasih – Ku Cari Pemua Penakluk Dunia

merupakan karya dari Iin asrinah merupakan temptation rindu untuk pacar nya Puisi ini lumayan panjang dan sangat membuat anda nyesek bikin nangis deh kalo gak percaya silakan baca aja deh

Malam itu..

Ya malam itu
Hatiku resah tiada tara
Bagaimana tidak…???
Aku selalu dihantui beribu fenomena dunia yang menggila
Tak  mampu ku sebutkan
Semua begitu erat tertampung
Dalam parit parit lingkaran hatiku
 Hou…. begitu jelasnya
Begitu jelas racun racun dunia
Memancing mala petaka untuk penghuninya
Lantas… harus apa?
Selesaikah jika kutreus diam?
Tidak.. ya tidak!

Ku coba terawangi langit yang berderet bintang
Anganku melayang bersama deretan awan

“oh awan,,,, taukah kau ?”
                “Aku butuh jiwa pendobrak dunia”,
“Aku butuh jiwa penghias dunia “,dan
“Aku butuh ketenangan dunia”
Tapi.. aku tak bisa melakukan apa apa
Aku hanya bisa basahi kuningnya pipi ini
“wahai jiwa yang merindukan kebenaran
Kau ingin tau jawabnya ?”
Ya… tentu katakan itu meskipun pahit

“PEMUDA”
Pemuda???
Ya.. .. carilah pemuda penakluk dunia

Oh Tuhan…….benarkah ku harus  mencari pemuda?
Mataku mulai berkeliling tajam
Mengintai beribu atap yang menjulang
Mengintai pemuda di keheningan malam

Inikah..inikah..?oh inikah hasilnya??
Dunia… aku memang takjub dengan keindahanmu
Tapi haruskah ku takjub menyaksikan
Nyawa nyawa yang mengisi harimu?
Lihat saja.. tak ada satupun jiwa muda
Yang terbangun dari lelapnya
Tak ada satupun jiwa yang memadu kasih dengan Tuhannya
Pemalas..!!!!!!!!!!!
Memuakkan,,mencekal nafas dan membuat hati tersayat sayat
Ajib!! Sungguh ajib!
Sayang fajar mulai meningsing
Ku hentikan pencarianku
Meski belum ku temukan apa yang ku cari
Aku takkan dan takkan pernah lelah
Mencari satu dari sekian banyak
Pemuda yang dinanti
Untuk menaklukan dunia


Original source : Puisi Rindu Pada Kekasih – Ku Cari Pemua Penakluk Dunia